Kuningantimes.com – Mendekati kontestasi Pilkada 2018, sebanyak empat partai politik (parpol) di Kabupaten Kuningan bersepakat untuk mendeklarasikan diri sebagai koalisi umat. Partai tersebut yakni Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Demokrat.

Nota kesepakatan bersama itu pun ditandatangani langsung para petinggi parpol yakni H Udin Kusnaedi SE MSi, H Agus Budiman SPt, Drs H Toto Hartono, dan H Dede Ismail SIP. Deklarasi koalisi umat itu digelar di aula Hotel Grage Sangkan akhir pekan kemarin (28/7), dengan disaksikan langsung para pengurus masing-masing parpol.

“Dengan kesamaan pemahaman dasar pemikiran tersebut, kami sepakat untuk berhimpun dalam koalisi PAN, PKS, Demokrat, dan Gerindra untuk maju pada Pilkada Kabupaten Kuningan tahun 2018,” ucap Ketua Partai Gerindra, H Dede Ismail SIP saat membacakan draft nota kesepakatan koalisi.

Dikatakan, koalisi dibangun untuk mengusung dan memenangkan calon bupati/wakil bupati yang ditetapkan bersama oleh koalisi umat pada Pilkada 2018. Parpol menyepakati dalam hal penjaringan bakal cabup/cawabup akan memprioritaskan kader internal melalui proses penjaringan sesuai mekanisme partai masing-masing.

“Apabila cabup/cawabup dari kader internal partai koalisi berdasarkan hasil survey dan fakta di lapangan tidak memungkinkan untuk memenangkan Pilkada 2018, maka partai koalisi sepakat untuk mengusung cabup/cawabup dari eksternal,” ujarnya.

Parpol ini pun kata Dede Ismail, nantinya berkoordinasi ke struktur partai yang lebih tinggi (DPW/DPD dan DPP) untuk mendapatkan petunjuk, dukungan, dan persetujuan.

Ketua DPD PAN Kuningan, H Udin Kusnaedi SE MSi menambahkan, bahwa setelah deklarasi koalisi umat ini dilaksanakan, maka sesuai dengan kesepakatan 4 parpol akan segera ditindaklanjuti dengan pembentukan Sekretariat Gabungan (Setgab), baik di tingkat kabupaten, kecamatan, hingga desa di seluruh wilayah Kabupaten Kuningan. Selanjutnya, Setgab akan merumuskan program-program yang dituju untuk merebut kemenangan di Pilkada 2018.

“Mengenai figur yang akan diusung, ke 4 partai telah bersepakat untuk menyodorkan figur-figur yang betul-betul diinginkan oleh masyarakat Kuningan. Kami yakin, tahun 2018 Kabupaten Kuningan terlahir pemimpin yang diusung oleh kami, yang sesuai keinginan masyarakat Kuningan,” pungkasnya. (red)