Kuningantimes.com – Hingga batas akhir penjaringan calon Bupati/Wakil Bupati Kabupaten Kuningan yang digelar DPD PAN Kuningan, akhirnya diputuskan hanya satu calon tunggal yang bakal diusulkan dalam pencalonan Bupati/Wakil Bupati Kuningan pada Pilkada 2018. Hasilnya, Ketua DPD PAN Kuningan H Udin Kusnaedi SE MSi ditetapkan sebagai satu-satunya calon yang bakal diusung PAN pada Pilbup kedepan.

“Hari ini adalah batas akhir pendaftaran dalam rangka penjaringan calon Bupati/Wakil Bupati Kuningan. Alhamdulillah, dalam kurun waktu satu minggu ini sudah terjaring satu orang yang telah mengembalikan formulir pendaftaran, yakni saudaraku H Udin Kusnaedi SE MSi,” ucap Ketua Pilkada DPD PAN Kuningan H Maman Wijaya SE saat dimintai keterangan persnya di kantor DPD PAN setempat.

Artinya lanjut Maman, sosok pimpinan partainya yakni H Udin Kusnaedi dinilai serius untuk mengikuti proses dan tahapan selanjutnya sesuai mekanisme partai. Sebab, tahapan selanjutnya yakni verifikasi yang akan dilakukan di tingkat DPW PAN Jabar hingga DPP PAN.

“Kita akan berkoordinasi pula nantinya di internal partai baik di tingkat DPD, DPW, hingga DPP, untuk menentukan dengan siapa pasangannya dan berkoalisi dengan partai mana,” ujarnya.

Lebih jauh, soal koalisi partai yang akan dilakukan PAN, pihaknya mengaku, sebagai partai yang terbuka maka tidak menutup ruang bagi partai manapun yang ingin bergabung dalam koalisi Pilkada 2018.

Sementara Ketua DPD PAN H Udin Kusnaedi saat dimintai keterangan persnya mengaku, pengembalian formulir pendaftaran itu sebagai salah satu bukti keseriusan untuk mencalonkan diri pada kontestasi Pilkada nanti. Walaupun PAN hanya memiliki calon tunggal, namun dirinya menilai hal itu sebagai bentuk keinginan bulat bersama-sama seluruh kader partai, untuk mendudukan kader terbaiknya di wilayah eksekutif.

“Sebetulnya siapapun yang akan maju di PAN, kami akan suport dan akan didorong sepenuhnya secara bahu-membahu bersama-sama untuk memenangkan Pilbup. Kami ini banyak kader, hanya saja kami lebih memilih satu kekompakan dan fokus pada pemenangan,” pungkasnya. (dri)